RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Negeri 1 Tirtamulya
Kelas :
VII (tujuh)
Semester : 2
(dua)
Alokasi waktu :
4 x 45 menit
Tahun Pelajaran : 2012-2013
Standar
Kompetensi
5.
Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi jenis karya seni Tari
tunggal daerah setempat
Indikator
·
Mengidentifikasikan jenis
karya seni tari tunggal daerah setempat
·
Mengungkapkan kesan secara
lisan tentang keunikan seni tari tunggal
daerah setempat
·
Menyebutkan fungsi tari
tunggal dalam masyarakat daerah setempat
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian seni tari
2. Menyebutkan empat
jenis ragam tari tunggal daerah setempat
3. Menyebutkan tiga
fungsi tari
ÿ Karakter siswa
yang diharapkan :
Disiplin (Discipline)
Tekun
( Diligence)
Tanggung Jawab ( Responsibity)
Ketelitian ( carefulness)
Kerjasama (Cooperation)
Percaya Diri (Confidense)
Kecintaan (Lovely)
Materi ajar
Tari tunggal
daerah setempat
Metode
Model pendekatan CTL, dan life skill
Langkah – langkah
kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama 2 x 45 menit
·
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan
Motivasi :
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa , motivasi, persepsi dan apresiasi
1.
Apa
keuntungan dari belajar tari
2.
Apa
yang harus kita kuasai dalam menari
3.
Ragam
gerak dasar tari
4.
Apa
yang harus dilakukan sebelum menari
(10 menit)
·
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
guru memberi
materi kepada siswa mengenai Seni Tari
Seni
tari adalah
Gerak
terangkai yang berirama sebagai ungkapan jiwa atau ekspresi manusia yang
didalam nya terdapat unsur keindahan
wiraga/tubuh, wirama/irama, wirasa/penghayatan, dan wirupa/wujud
Jenis tari daerah
¢ Berdasarkan Sifat dan Sejarah
1.
Tari
Tradisional Kerakyatan
2.
Tari
Tradisional Klasik
3.
Tari
Kreasi
¢ Berdasarkan Bentuk Penyajian
1.
Tari
Tunggal
2.
Tari
Berpasangan
3.
Tari
Kelompok/rampak
Fungsi
seni tari sebagai
:
Sarana upacara adat dan Religi
¢ Tari disini bersifat Sakral dengan unsur pemujaan
kepada alam, dan penguasanya, geraknya Ekspresif, dan Imitatif(meniru gerak
disekitarnya)
Sarana Pertunjukan
¢ Berguna untuk menghibur masyarakat luas, geraknya
lincah dan semarak, Irama, Rias, Busana dan Komposisinya meriah dan beragam
Media Pendidikan
o Dapat membentuk keseimbangan emosi, keterampilan,
dan budi pekerti seperti membina kelompok, berpenampilan santun dan toleransi
(20 menit)
2. Elaborasi
Siswa dibagi menjadi
enam kelompok setiap kelompok ada 7 s/d 8 orang
Setiap kelompok diminta
Membaca buku referensi tentang tari tunggal daerah setempat
(5 menit)
Setiap kelompok Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari tunggal secara langsung melalui audio
visual
(10 menit)
Setiap dua siswa dalam kelompok tersebut mendapat tugas,
Tugas tersebut ialah :
1.
Mengamati
apakah tarian tersebut Berdasarkan Sifat dan Sejarah
2.
Mengamati tarian tersebut berdasarkan Bentuk Penyajian
3.
Mengamati tarian tersebut dilihat dari Fungsi seni tari
Setiap kelompok
mendiskusikan apa yang dilihat nya dr audio visual
(10menit)
3.Konfirmasi
Mempresentasikan hasil diskusi
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi
kelompok nya ke depan kelas di beri waktu selama 5 menit . sementara kelompok
yg lain menanggapinya
Setiap kelompok yang sudah memprentasikan
hasil diskusinya di beri aplus tepuk tangan dari kelompok lain atas
kebehasilannya
Setiap siswa dalam kelompok itu diminta
menjelaskan laporan kerjanya masing-masing jadi semua siswa dalam kelas tersebut
mendapat tugas yg sama
(30 menit)
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru :
1.
Bersama-sama dengan peserta didik dan/sendiri membuat rangkuman
/kesimpulan pelajaran
2.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
(5 menit)
Pertemuan kedua 2 x 45 menit
Indikator
·
Membuat tanggapan tertulis
tentang jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
Langkah – langkah
kegiatan pembelajaran
·
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan
Motivasi :
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa , motivasi, persepsi dan apresiasi
1.
Apa
keuntungan dari belajar tari
2.
Apa
yang harus kita kuasai dalam menari
3.
Ragam
gerak dasar tari
4.
Apa
yang harus dilakukan sebelum menari
(10 menit)
·
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
guru memberi
materi kepada siswa mengenai Seni Tari
Alat/sumber
belajar
ÿ Buku seni Budaya
ÿ Buku referensi,
rekaman audio, guru/model
ÿ Deskripsi tari
tunggal daerah setempat
ÿ VCD/CD/kaset
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
Mengungkapkan kesan secara lisan tentang keunikan
seni tari tunggal daerah setempat
Membuat tanggapan tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal daerah
setempat
|
Tes uraian
Penugasan
Kelompok
Laporan secara
tertulis / portofolio hasil diskusi
|
Tes singkat
melalui Tanya jawab
Diskusi
kelas
Pekerjaan rumah
|
·
Apa keuntungan
dari belajar tari
·
Apa yang harus
kita kuasai dalam menari
·
Ragam gerak
dasar tari
·
Apa yang harus
dilakukan sebelum menari
Mengamati
apakah tarian tersebut Berdasarkan Sifat dan Sejarah
Mengamati tarian tersebut berdasarkan Bentuk
Penyajian
Mengamati tarian tersebut dilihat dari Fungsi seni
tari
Buatlah makalah
hasil diskusi kelompok
|
No
|
Skor perolehan
|
Skor maksimal
|
Bobot soal
|
Nilai tiap soal
|
Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah
setempat
Mengungkapkan kesan secara lisan tentang keunikan seni
tari tunggal daerah setempat
Membuat tanggapan tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal
daerah setempat
|
3
4
3
|
3
4
3
|
2
3
7
|
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar